System

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah (SD, SMP, SMA) Yang Benar Dan Baku

5 min read
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah (SD, SMP, SMA)Bagusragil - Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah - Surat merupakan sarana komunikasi yang kini sudah jarang di gunakan oleh masyarakat, bahkan tidak sedikit orang yang tidak tau bagaimana cara membuat surat izin yang baik dan benar.

Walau perkembangan jaman sekarang ini sangat pesat dan kebanyak orang meningalkan surat, namun di beberapa lembaga masih mengunakan surat, seperti surat izin tidak masuk sekolah, surat izin tidak masuk kerja, surat izin cuti melahirkan,dan sebagainya.

Perkembangan jaman makin modern dan teknologi mudah di jumpai, tetapi mengunakan surat izin sakit sekolah tulisan tangan akan lebih baik. karena akan terlihat lebih sopan, formal dan dapat dipertanggung jawabkan.

Surat Izin tidak masuk sekolah adalah surat yang memberitahukan kepada pihak sekolah bawasannya anda tidak dapat mengikuti pelajaran dengan beberapa alasan yang masuk akal, misalnya sakit, berpergian dll, sehingga pihak sekolah dapat memberikan toleransi.




Nah buat kamu yang baru pertama kali ingin membuat surat izin tidak masuk sekolah harus tau apa saja format dan unsur - unsur dari isisurat tersebut, sehingga surat izin yang kamu buat lebih terlihat profesional dan meyakinkan pihak bersangkutan, dan berikut adalah caranya :

  • Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


  • 1.  Tujuan pengiriman surat


Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah kepada kepala sekolah, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

  • 2.  Alasan Izin


Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah harus di lengkapi dengan alasan kenapa izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis dan fakta.

  • 3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat


  • 4.  Alamat tujuan


  • 5.  Salam pembuka


  • 6.  Kalimat pembuka surat


  • 7.  Isi dalam surat


  • 8.  Salam penutup surat


  • 9.  Nama pengirim surat


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat secara pribadi, Namun surat izin tergolong dalam surat resmi. Oleh karena itu cara membuat surat izin sekolah sendiri harus di tulis secara jelas dan baku. dan inilah contoh surat izin sekolah sd yang bisa anda jadikan refrensi.

  • Contoh Surat Izin Sekolah SD


Lampung, 14 Juli 2019

Kepada

Yth. Bapak/Ibu guru (Wali kelas VI B) SD N 1 Sruweng

di- Tempat


Dengan hormat

Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Muhammad al Fatih

Kelas : VI B SD N 2 Sukaraja Tiga

Alamat : Jl Melati No 32, Sukaraja Tiga

Memberitahukan bahwa putra saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu 14 Juli 2019 dikarenakan sakit diare sehingga diharuskan untuk menjalai rawat inap di Rumah Sakit Islam Sruweng.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Yongki Bae

  • Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMP


Lampung, 14 Juli 2019
Kepada :

Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 2A
SMP N 2 Marga Tiga
Ditempat


Dengan hormat
Saya wali murid dari siswa yang bernama :

Nama   : Ibrahim Al Fattah
Kelas    : 2A SMP N 2 Marga Tiga
Alamat :  Jln . Mastrip no 20 N. Jemanten

Memberitahukan bahwa anak kami tidak bisa masuk sekolah seperti biasa pada hari ini , Rabu 14 Juli 2019 dikarenakan menghadiri undangan pernikahan saudara di Solo .

Oleh sebab itu sudilah Bapak/ibu guru untuk memberikan izin kepada anak kami . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian yang telah Bapak/ibu guru berikan, saya ucapkan terima kasih .

Hormat saya

( Tanda tangan )

( nama wali murid )

  • Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMA


Lampung, 14 Juli 2019

Kepada

Yth. Bapak/Ibu guru (Wali kelas XII IPA 3) SMAN 1 Lampung

di- Tempat


Dengan hormat

Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Yulinda

Kelas : XII IPA 3 SMAN 1 Lampung

Alamat : Perumahan Gedang Asri, Lampung


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti kelas seperti biasa pada hari ini, rabu 14 Juli 2019 dikarenakan sakit dan harus rawat jalan.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya


Yulinda

  • Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit


Lampung, 14 Juli 2019

Kepada : Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 3c
SMP N 4 gombong
Ditempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama   : Suparmins de caprio
Kelas    : 3c SMP N 4 gombong
Alamat :  Jln . merdeka raya no 20a semarang

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini , Kamis 14 Juli 2019 dikarenakan sakit . Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin.

Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih .

    Hormat saya

 ( Tanda tangan )

( nama wali murid )

  • Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga


Lampung, 14 Juli 2019

Kepada : Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 4c
               SMA N 4 gombong
               Ditempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama   : Lasiman
Kelas    : 4c SMA N 4 gombong
Alamat :  Jln . merdeka raya no 20a semarang

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini , kamis14 Juli 2019 dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak bisa di tinggalkan oleh anak saya .

Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin dan memakluminya  . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih .

    Hormat saya

 ( Tanda tangan )

( nama wali murid )

Di atas adalah informasi contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang dapat kami bagikan pada kesempatan hari ini. dalam menulis surat izin yang baik kamu harus memperhatikan tanda baca dan tata bahasa yang baik, benar dan sopan. semoga surat izin sekolah ini bisa membantu.
Comments