System

Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Berbagai Alasan 2022

5 min read

Bagusragil.com | Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan - Lowongan kerja yang minim membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, namun tidak sedikit juga orang yang sudah bekerja malah ingin berhenti, tentu dengan berbagai alasan resign yang masuk akal.


Bagi seseorang yang ingin keluar atau resign dari pekerjaannya, biasanya perlu menyertakan surat pengunduran diri karyawan. dengan menyertakan surat pengunduran diri maka anda bisa di katakan keluar dengan baik dan terhormat.

Namun terkadang beberapa orang masih bingung untuk membuat format surat pengunduran diri yang benar, sehingga membutuhkan banyak contoh dan refrensi agar menghasilkan isisurat pengunduran diri yang benar dan profesional.

Biasanya surat pengunduran diri akan di ajukan ke bagian HRD, SDM atau langsung ke pimpinan, tergantung siapa yang bertangung jawab atas kepemimpinan karyawan perusahaan.


Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Berbagai Alasan 2022



Beberapa hal yang perlu anda pahami dalam membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar adalah sebagai berikut : identitas diri, jabatan, alasan resign yang masuk akal, tangung jawab pekerjaan (opsional), permohonan maaf dan ucapan untuk perusahaan agar makin maju dan berkembang kedepannya serta mengunakan bahasa yang resmi dan sopan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan


Buat anda yang membutuhkan contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan, di bawah ini kami telah memberikan beberapa contohnya yang bisa di jadikan refrensi.

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi


Surakarta, 21 April 2022

KepadaYth :
Kepala PT. Hami resume
di Jl. Gede No. 1
Surakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Hami resume berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Andri Hermawan
Departemen: Informatika dan Teknologi
Jabatan: Staff IT

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Hami Resume karena ingin fokus melanjutkan studi S2 di luar negeri. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur perusahaan. Saya berharap pihak perusahaan mengerti dan menerima permohonan pengunduran diri saya. Serta dapat memberikan hak-hak selau karyawan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini.

Hormat Saya,

Andri Hermawan

  • Contoh Surat Pengunduran Diri dari Hotel


Lampung, 12 Juli 2019

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Nuansa Indah
Jln. Soekarno Hatta 45 Lampung

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Agan Prasetya Permadi
Tempat/Tgl Lahir: Purworejo, 30 Januari 1985
Jabatan: General Manager Hotel Nuansa Indah
Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 18 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri keluarga yang selama ini kami cita-citakan. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Manager Hotel Nuansa Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan khususnya divisi yang saya bawahi selama ini. Karena telah membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Nuansa Indah. Dan mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Agan Prasetya Permadi

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Guru


Kepada Yth.
Kepala SMK Negeri 2 Bandung
Jln. Citarum Abadi No. 1 Bandung
Perihal : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Hj, Nunung Nurbaeti
TTL : Cimahi, 23 Maret 1978
Jabatan : Guru Pendidikan Agama Islam
NUPTK : 1362 8907 78967 Alamat : Rajamandala, Kampung Cisereuh RT 014 RW 014 Kec Mandalajati Kota Bandung

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 2 Bandung dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS 80% sebagai Guru Masa Depan Jaya 2018 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2018 ,TMT 01-08-2018 yang ditempatkan di Sumatera Barat, Padang Panjang di SMA Negeri 1 Padang.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 2 Bandung untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bandung dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK Negeri 2 Bandung bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 2 Bandung dapat menjadi sekolah yang terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya,

Hj. Nunung Nurbaeti

  • Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan


Surakarta,21 April 2022

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD PT. Insan Makmur Abadi
Jln. Kartini 218, Semarang
Dengan Hormat,
Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
Dengan ini saya selaku karyawan dari PT. Insan Makmur Abadi berdasarkan surat keputusan bersama tentang ketenagakerjaan serta Undang-undang tenaga kerja yang mencakupi, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Andri Hermawan
Jabatan : Kepala Digital Marketing
Alamat : Jalan Melati No.34 Semarang

Maka dengan surat ini saya ingin mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan di PT. Insan Makmur Abadi Manajemen terhitung sejak Hari senin 02 September 2018. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan saya yang tidak bisa mendukung dalam pekerjaan yang saya kerjakan.

Saya sangat berterima kasih kepada PT. Insan Makmur Abadi karena telah menerima saya selama 10 tahun untuk belajar dan mengabdi di perusahaan yang bapak pimpin. Serta untuk teman-teman karyawan yang telah bekerjasama dan memberi dukungan moril maupun materil. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikan Anda semua.

Saya juga ingin memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan juga teman-teman karyawan, apabila ada perbuatan atau ucapan yang tidak berkenan. Saya juga berharap pihak perusahaan bisa mengerti akan kondisi saya saat ini dan memberikan izin mengundurkan diri dari pekerjaan saya.

Saya berharap, perusahaan PT. Insan Makmur Abadi ini akan tumbuh dan kembang dengan baik di masa dpean sehingga bisa berkontribusi lebih baik untuk kemajuan negara ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dan sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan oleh perusahaan saya sampaikan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

Andri Hermawan

Walaupun terdapat banyak jenis surat pengunduruan diri kerja, namun pada intinya sama saja, yaitu meminta izin kepada pihak perusahaan atau lembaga untuk keluar secara terhormat sesuai dengan ketentuan dan kebijakan.

Semoga apa yang kami bagikan pada hari ini dapat memabntu anda dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, dan jangan lupa untuk mencari pekerjaan yang baruu yaaa.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja
Comments